(1.2.a.10.1. Aksi Nyata) Peran dan Nilai Guru Penggerak
Iskandar,
S.Pd.
CGP Angkatan
ke-2 Kabupaten Jeneponto Sulsel
Seiring perkembangan dan kemajuan
teknologi, tuntutan dan tantangan menjadi seorang guru pun semakin berat. Dalam
menghadapi tantangan ini, seorang guru harus menyiapkan diri jika tidak ingin
tergilas dengan kemajuan. Mengembangkan diri dengan
meningkatkan kompetensi menjadi hal mutlak yang harus dilakukan oleh seorang
guru. Menguasai perangkat-perangkat yang merupakan kemutlakan dari kemajuan
menjadi hal yang tak dapat dikesampingkan.
Salah satu praktik baik yang sejalan dengan nilai dan peran guru penggerak yang saya lakukan adalah saat menghadapi ujian semester di masa pandemi covid-19 dengan menjadi coach atau mentor guru lain dalam pemanfaatan aplikasi google formulir dalam penilaian. Hal ini saya wujudkan dalam bentuk pembimbingan guru di sekolah dalam memanfaatkan aplikasi google formulir sebagai aplikasi alternatif dalam pelaksaan ujian semester online di masa pandemi. Tindakan ini dilakukan sebagai upaya mengatasi permasalahan yang dihadapi guru, yakni keterbatasan kemampuan menggunakan aplikasi online dalam pelaksaan ujian semester.
Tujuan
dalam kegiatan ini adalah mengupayakan seluruh guru dapat memanfaatkan aplikasi
google formulir dalam melaksanakan ujian semester. Selain itu, diharapkan
peserta didik dapat mengikuti ujian semster dengan baik dengan menggunakan
aplikasi ujian online yang mudah
diakses.
Saat
pelaksanaan pembimbingan, saya merasa senang karena antusiasme guru yang sangat
tinggi mengikuti pembimbingan. Hampir tidak ada kendala yang berarti saat
pelaksanaan pembimbingan kepada guru-guru. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini
adalah guru-guru mampu memanfaatkan aplikasi google formulir dalam pelaksanaan
ujian semester.
Berikut
tahapan yang dilakukan dalam pembimbingan guru dalam pemanfaatan aplikasi
google formulir di sekolah.
o Perencanaan Pelaksanaan Kegiatan
Langkah
awal yang dilakukan adalah melakukan diskusi dengan guru-guru sekaitan dengan
permaslahan yang dihadapai menjelang pelaksanaan ujian semester. Pelaksaan
ujian semester secara online menjadi
hal yang harus dilakukan di masa pembelajaran jarak jauh. Dari hasil diskusi
tersebut disepakati pemanfaatan aplikasi google formulir dalam pelaksanaan ujian
secara online. Selanjutnya, guru-guru
meminta persetujuan kepala sekolah untuk pelaksanaan kegiatan.
o
Pelaksanaan
Dalam
pelaksanaan diikuti 15 guru dari keseluruhan yang berjumlah 17 guru. Pelaksanaan
pembimbingan dilakukan pada pukul 09.00 sampai pukul 12.00. Setiap tahapan
dalam pelatihan diikuti guru dengan penuh antusias. Mulai dari membuat akun
google, membuka google drive, membuat folder, membuka halaman formulir,
menginput soal dan kunci jawaban, sampai membuka hasil atau respons. Pelatihan
diakhiri dengan simulasi ujian online
yang diikuti oleh guru. Pada kegiatan ini guru merasa senang karena sudah bisa
melaksanakan ujian online yang selama ini dianggap sulit dilakukan.
Dari
proses yang dilakukan, dapat diketahui bahwa secara umum guru-guru di sekolah
dapat memanfaatkan teknologi dalam mendukung pembelajaran maupun penilaian.
Pemanfaatan google formulir memudahkan guru dalam pelaksanaan penilaian dalam
ujian semester yang akan dilaksanakan. Dalam kegiatan ini juga, kepala sekolah
memberikan respon yang sangat positif dan berharapan kegiatan pengembangan diri
dapat dilakukan secara terjadwal di sekolah sebagai upaya meningkatkan
keterampilan guru dalam pemanfaatan IT dalam pembelajaran.
o
Refleksi
Menjadi coach
bagi guru lain memberikan dampak positif bagi saya begitupun dengan sekolah. Melalui
kegiatan ini saya dapat berdiskusi banyak dengan rekan sejawat, memahami
kelemahan diri saya begitupun dengan rekan yang lain. Dari kegiatan ini juga
sekolah saya dapat melaksanakan ujian dengan baik dan lebih efektif. Beberapa teman
sejawat yang sebelumnya sudah mempelajari google formulir semakin paham dan
lebih menguasai aplikasi ini.
Berikut testimoni dari beberapa rekan sejawat yang mengikuti kegiatan.
Video Testimoni
Tidak ada komentar:
Posting Komentar