Kamis, 21 Mei 2020

Contoh Pidato Sambutan Idul Fitri di Masa Pandemi


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu akbar, 3x
Bapak-bapak, ibu-ibu, serta saudara-saudara kaum muslimin jamaah salat Ied warga perumahan Anwar Jaya permai yang dirahmati oleh Allah SWT!

pertamaa-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kita atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena sampai detik dan saat ini kita semua masih di karuniai oleh Allah dengan berbagai macam kenikmatan, baik kenikmatan itu berupa iman dan kesempatan, sehingga kita dapat berkumpul di pagi yang bahagia ini sebagai bentuk kemenangan kita yang telah melewati puasa selama sebulan penuh lamanya. Salawat serta salam senantiasa tercurah kepada Junjungan kita Nabiullah Muhammad SAW sebagai tauladan dan rahmat bagi seluruh Alam.

Kaum muslimin yang dirahmati oleh Allah Swt!

Salat ied ini, terselenggara berkat kesepakatan pemerintah Kel. Empoang Selatan dengan kepala lingkungan, pengurus masjid, dan tentunya persiapan yang dilakukan oleh Panitia serta dukungan dari para jamaah diperumahan Anwar Jaya , Kasran, dan sekitarnya.
Berbahagialah kita bahwa pagi ini, kita umat Islam di seluruh dunia merayakan datangnya hari raya idul fitri, hari kemenangan bagi umat Islam yang sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Selama satu bulan penuh kita mengalami ujian lahir dan batin. Ditengah masa sulit, saat dunia dilanda wabah atau pandemi Covid-19 yang meruntuhkan tatanan hidup manusia bukn hanya didaerah kita, di negara kita tapi meruntuhkan seluruh tatanan kehidupan manusia diseluruh dunia. Akan tetapi, kita ummat Islam jangan berkecil hati. Bagi kita, Kini tiba saatnya untuk memasuki hari yang fitri penuh kemenangan, yakni jiwa kita bersih suci seperti bayi yang baru lahir, suci bersih dari dosa dan kesalahan. Setelah ditempa, setelah diuji, dan setelah dicuci, melalui puasa sebulan penuh.

Sudah kebiasaan kita bahwa setiap hari raya idul fitri itu di rayakan dengan meriah dan biasanya ditandai dengan bersilaturrahmi antara sanak saudara. Akan tetapi pada Idul Fitri tahun ini, kita mengalami kejadian yang tidak biasa, dekat namun tidk bisa saling berjabat, yang nun jauh tak bisa saling berkunjung, semua itu dilakukan sebagi bentuk ikhtiar kita dalam menghadapi bencana nonalam yang kita kenal dengan nama corona atau covid-19. Namun, janganlah kita bersedih tetapi marilah kita bersyukur kepada Allah bahwa kita sedang diuji semoga kita mendapat hikmah yang terkandung di dalamnya.


Kaum muslimin dan muslimat jamaah salat ied yang berbahagia!

Bulan puasa adalah bulan yang penuh dengan ampunan, berkah dan dibukanya pintu syurga. Barangsiapa yang berdo'a disaat itu pasti ia akan dikabulkan, dan barangsiapa yang minta ampunan tentu ia akan diampuni dosanya oleh Allah. Maka beruntunglah bagi kita umat Islam, yang memperbanyak amalan-amalan dibulan Ramadhan dengan rnemperbanyak tadarrus, tarwih, mudah-mudahan dosa-dosa kita diampuni oleh Allah balk yang akan datang maupun yang sudah silam. Dan mudah-mudahan amal ibadah puasa kita yang didasari dengan landasan lman dan taqwa itu diterima oleh Allah.

Saudara-saudara kaum muslimin yang berbahagia !

Pada momentum idul fitri ini, kami atas nama pejabat lingkungan parangloe selatan, bersama pengurus masjid Alhusain, dan panitia amaliah ramadhan mengajaka kepada seluruh jamaah untuk tetap menguatkan silaturahmi meski tak berjabat, saling mendoakan meski tak saling berkunjung, dan saling menjaga antara saudara satu dengan yang lain, keluarga satu dengan yang lain, tetangga satu dengan tetangga yang lain. Kita saling menguatkan kita saling mendukung menghadapi bencana ini, semoga Allah Swt secepatnya mengangkat wabah ini dari negeri kita dan kita bisa kembali beraktivitas normal seperti sedia kala.



Melalui momentum hari raya idul fitri ini juga mari kita kembali kepada fitrah yang sesungguhnya. kita sambut hari raya fitri ini dengan saling memaafkan, baik kesalahan dan kekhilafan disengaja ataupun tidak disengaja. Kita memaafkan segala kesalahan ltu lahir maupun batin.


Demikiarilah sepatah kata yang dapat kami sampaikan, mudah mudahan ada manfaatnya. Allahu Akbar 3x, Walillahilhamd. Wassalamu'alaikum wr. wb.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendidikan